Djafar Alkatiri Senator Sulut: Kami Mendorong IAIN Menjadi UIN

H. Djafar Alkatiri (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Konsisten berjuang meningkatkan sumber daya manusia intens dilakukan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Ir. H. Djafar Alkatiri, M.PdI. Setelah melalui pertemuan resmi, Kamis (16/7/2020) antara DPD RI, Kementerian Agama RI dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MePAN-RB) yang membahas soal peningkatan status Institu Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), Senator Djafar menyampaikan beberapa pandangan pentingnya.

‘’Tentu peningkatan status IAIN ke UIN menjadi penting. Hal ini sebagai jalan menuju peningkatan profesionalitas dan sumber daya manusia yang unggul. DPD RI bersama, Kementerian Agama dan juga MenPAN-RB telah membahas hal ini, kita sepakat bahwa pentingnya langkah ini diambil. IAIN menjadi Universitas Islam Negeri juga menjadi cerminan kalau kita mendorong transformasi di dunia pendidikan,’’ ujar Djafar, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara periode 2014-2019 ini.

Menurut Djafar hasil pertemuan telah dirumuskan dalam tindakan aksi yakni memprioritaskan 9 IAIN untuk dimantapkan menjadi UIN. Lalu setelahnya berangsur-angsur sesuai aturan tentunya peningkatan status dilakukan di semua daerah di Indonesia.

‘’Alhamdulillah berdasarkan dorongan DPD RI dan kami mengawal usulan IAIN dinaikkan statusnya menjadi UIN terealisasi. Rapat DPD RI, Menteri Agama dan MenPAN yang dihadiri Pak Tjahjo Kumolo, SH berjalan lancar, dan hasilnya menggembirakan. Tahapan awal 9 IAIN akan menjadi UIN. Menang berjanji untuk merubah penyesuaian KMA (Keputusan Menteri Agama) 15 Tahun 2014 menjadi KMA Nomo 46 Tahun 2019 dan sudah disepakati akan diproses 9 UIN tersebut,’’ kata Senator Djafar yang juga mantan Sekretaris Jenderal DPP BKPRMI tersebut.

Suasana berlangsungnya sidang Paripurna Luar Biasa DPD RI (Foto Istimewa)

Tak hanya itu, Wakil Ketua Komite 1 DPD RI asal Sulawesi Utara ini menuturkan sebagai tindaklanjut, maka IAIN Manado juga dimasukkan dalam skala prioritas. Mantan Anggota DPRD Manado yang dikenal tegas dan ‘singa podium’ tersebut membeberkan substansi dari IAIN bermutasi menjadi UIN adalah positif guna menunjang pertumbuhan dan kemajuan dunia pendidikan Islam.

‘’Kami mendorong tahapan berikut supaya IAIN Manado menjadi UIN. Selanjutnya, inti dari apa yang dilakukan DPD RI ini merupakan proses peningkatan sumber daya manusia. Bahwa akan segera terwujud akselerasi peningkatan mutu lewat proses mendorong kualifikasi pada sistem pendidikan yang sudah menjadi IUN. Artinya penelitian pendidikan agama dan sosial keagamaan serta peran institusi Perguruan Tinggi kepada masyarakat lebih optimal,’’ ucap Senator Djafar saat diwawancarai Suluttoday.com, Jumat (17/7/2020) melalui saluran Telpon.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1