Dr Panca Setyo: OJK Harus Diperkuat, Kontribusinya Dirasakan Masyarakat

Dr. Panca Setyo Prihatin (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Menanggapi beragam pandangan terkait peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dr. Panca Setyo Prihatin, pakar politik pemerintahan Universitas Islam Riau (UIR) menyebutkan bahwa isu pembubaran lembaga negara yang sempat bergulir di tengah upaya mengatasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), hal itu sungguh sangat tidak produktif. Saat ini, kata Panca pemerintah harus fokus pada upaya penanganan krisis kesehatan dan dampak resesi ekonomi yang belum diketahui sampai kapan akan berakhir.

“Isu murahan tidak perlu dibesar-besarkan. Berfikirlah yang produktif untuk kemajuan Indonesia. Yang membuat masyarakat dan pelaku usaha bertanya-tanya adalah gejok ekonomi yang lambat dan melorot. Sebaiknya pemerintah lebih serius memperhatikan pemenuhan kebutuhan riil masyarakat di bawah yang terdampak Covid-19. Untuk itu ketersediaan basis data bagi penyaluran bantuan sosial harus valid dan akurat. Itu saja harus dibenahi dulu,” ujar Panca Setyo.

Tambahnya lagi, dalam pengelolaan pemerintahan, aspek stabilitas ekonomi dan politik menjadi kunci bagi efektifitas implementasi kebijakan.

“Dalam kondisi amat berat seperti sekarang, pemerintah harus optimalkan kelembagaan dan sumber daya yang ada dengan otoritas dan kewenangan yang mampu sinergis dan diakselerasi. Tanpa harus meniadakan fungsi dan eksistensi antara satu dengan yang lain, apalagi lembaga yang perannya vital dalam perekonomian,” ujar Panca akademisi vokal ini.

Lanjut Panca Setyono menurut pengamatannya OJK telah melakukan tugas dan fungsi sesuai mandat Undang-Undang melalui pengaturan dan pengawasan sektor jasa keuangan, serta edukasi dan perlindungan konsumen dan masyarakat.

“Kehadiran dan kontribusi OJK dirasakan oleh masyarakat hingga ke daerah. Bahwa pihak tertentu menilai masih terdapat kelemahan yang harus diperbaiki, sudah sepatutnya OJK perlu cepat melakukan koreksi dan pembenahan sehingga mampu mendukung jalannya pemerintahan melalui sektor keuangan yang kredibel dan berdaya saing,” kata Panca Setyo tegas.

Tidak hanya itu, ia mengingatkan agar setiap pengambilan keputusan pemerintahan tidak dilakukan secara instan dan sporadis, melainkan matang dan komprehensif. Pemerintah perlu memperkuat peran masing-masing regulator yang mengawal sektor ekonomi agar aspek politik dan pemerintahan tetap stabil.

“OJK harus diperkuat. Antar otoritas ekonomi harus disinergikan satu sama lain. Ini penting karena stabilitas ekonomi saling berdampak dengan politik dan pemerintahan. Kita dukung semua lembaga agar sinergis menuntaskan krisis kesehatan dan pemulihan ekonomi. Jangan timbulkan riak dan perdebatan yang tidak perlu,” tutur Panca Setyo dalam rilis yang disampaikan ke redaksi Suluttoday.com, Minggu (19/7/2020).

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1