APH Bergerak, AMTI: Usut Kabag ULP Kota Manado

Ketum Tommy Turangan, SH (Foto Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Dinilai tidak serius merespon aduan masyarakat, terlebih beberapa kontraktor di Kota Manado yang melayangkan protesnya terhadap kinerja Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan (ULP) atau Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Kota Manado, Marcos Kairupan mendapat sorotan dari LSM Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia (AMTI).

Menurut Ketua Umum AMTI, Tommy Turangan, SH yang dibutuhkan adalah pembenahan di internal dan jawaban yang transparan dari pimpinan UKPBJ Manado bukan praktek lepas tanggung jawab. Aktivis vokal yang kini berkiprah di Jakarta itu saat dihubungi Suluttoday.com, Senin (20/7/2020) juga turut menyangkan ragam persoalan yang terus tumbuh berkembang di tubuh UKPBJ yang dinilainya akan berdampak pada keberadaan Wali Kota Manado, Dr. GS Vicky Lumentut.

”Masyarakat mengharapkan ada tindaklanjut dan respon dari tiap keluhan yang disampaikan mereka. Di ULP Manado malah makin runyam, dimana permasalahan kini merembet dan viral di Medsos. Kok jadi pimpinan Perangkat Daerah mentalnya begitu, tidak menyelesaikan masalah. Kelihatannya Bung Marcos menghindar dari polemik yang berkembang sekarang. Ironis, mau atau tidak karena kelakuan satu dua orang, Pak Wali GSVL nanti yang kena dampaknya,” ujar Turangan tegas.

Tidak hanya itu, Turangan menyebut bahwa pihak Aparat Penegak Hukum (APH) juga telah bergerak mengusut dugaan permaiann dalam tender (lelang) yang dilakukan di UKPBJ Manado. Jebolan Fakultas Hukum Unsrat itu mengaku akan memberi support ke APH dalam usaha mengungkap kebenaran yang diminta pihak-pihak tertentu. Turangan menyebut kerja birokrasi itu memberi pelayanan kepada publik bukan memproduksi kebohongan dan kecurangan.

”Kasus yang berkembang di ULP Manado juga telah direspon kawan-kawan APH, kami dari AMTI prinsipnya mendukung itu. Ini upaya positif untuk memberantas mafia proyek, mengungkap siapa saja yang mengendalikan dan menjadi makelar dalam tiap tender paket proyek di ULP Manado. AMTI mendesak usut Kabag ULP Kota Manado. Jangan sampai praktek curang dan kebohongan dipelihara di lembaga-lembaga formal di Kota Manado. Kami juga meminta Kabag ULP Manado agar kooperatif, jangan terkesan mengindar saat dikonfirmasi wartawan,” kata Turangan.

Mr X untuk Marcos Kairupan (Foto Istimewa)

Selain itu, beredar di Medsos juga ada karangan bunga dari Mr X untuk Kepala ULP Manado yang bertuliskan ”untuk Ketua ULP Kota Manado Marcos Kairupan”. Sementara melalui beberapa pertanyaan yang dilayangkan redaksi Suluttodaya.com kepada Kabag Marcos, sayangnya pertanyaan tersebut tidak mendapat jawaban apa-apa.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1