Sejumlah Tokoh Aktivis Muda Sulut Bicara Soal Mahmud Turuis

Hi. Mahmud Turuis (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Hadirnya nama sosok Mahmud Turuis, SE, Direksi Bank SulutGo di pentas politik Pilwako Manado 2020 makin mendapat posisi yang istimewa. Sejumlah tokoh muda menyampaikan pendapat mereka. Diantaranya, disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWPM) Sulawesi Utara (Sulut), Sudarwin Tompunu. Menurut aktivis muda vokal itu, kemunculan MT, begitu Turuis akrab disapa menambah kualitas demokrasi di daerah.

”Sosok Pak Mahmud Turuis sudah dikenal luas warga Sulut, terlebih khusus masyarakat Manado. Beliau orang baik, yang juga bisa membagi waktu dengan publik terutama kepeduliannya pada masyarakat telah dirasakan. Menurut saya Pak MT adalah tokoh yang juga punya andil untuk setiap kegiatan dan hajatan- hajatan di daerah ini. Terlebih kegiatan Ormas keislaman, selain itu, dari segi manajerialnya oke. Apalagi beliau ini belum pernah diterpa isu-isu negatif, Pak MT tidak pernah ada catatan hitam tentang pribadinya. Tidak ada skandal penyelewengan, ini modal yang luar biasa. Bila beliau maju di Pilwako Manado sangat luas dukungannya dan Manado akan maju,” kata Sudarwin.

Di tempat terpisah, Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Manado, Suryanto Muarif juga menyampaikan pengalamannya terhadap tokoh muslim Sulut yang satu ini. Bagi Suryanto kepedulian dan kepekaan seorang MT terhadap kesulitan orang lain telah teruji. Jebolan STAIN Manado itu menyebut bahwa momentum demokrasi memang perlu diisi orang-orang yang punya pengalaman dan punya visi membangun masyarakat.

”Sosok Pak Mahmud Turuis ini adalah jawaban atas kemajuan. Saya kenal beliau, selain baik peduli dan perhatian pada kesulitan-kesulitan orang lain, beliau mendorong kemajuan. Potret pemimpin yang punya gagasan, setahui saya beliau telah terbiasa dengan hal-hal kepemimpinan sehingga tidak perlu diragukan lagi dalam soal ini. Visi dan pandangan beliau kedepan juga begitu luar biasa,” ujar Suryanto.

Selain itu, Amas Mahmud, Sekretaris DPD KNPI Kota Manado saat diwawancarai menuturkan bahwa peluang Mahmud Turuis untuk dijagokan partai politik sangat besar. Hal itu bukan tanpa alasan, kata Bung Amas. Pria yang pernah berhimpun di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini melihat MT sebagai figur yang memiliki basis dukungan luas.

”Siapa aktivis di Manado dan publik figur yang tidak kenal Pak Mahmud Turuis?, umumnya semua kenal beliau. Kecuali mereka yang tak pandai bergaul. Selain populer dikalangan aktivis, Pak Mahmud juga banyak membantu orangnisasi-organisasi kemahasiswaan, organisasi kepemudaan, pembangunan rumah ibadah dan bantuan sosial lainnya telah dilakukan. Tentu ini bagian kecil yang terpublikasi di media massa. Banyak hal lain yang positif beliau kontribusikan kepada masyarakat. Sebagai aktivis muslim saya kenal beliau merupakan sosok yang rendah hati, banyak pendukungnya. Belum lagi yang menurut saya sebagai nilai lebih beliau adalah pengalaman dalam bidang ekonomi, Manado butuh wakil Wali Kota seperti Pak Mahmud. Rekam jejak beliau telah teruji, Pak Mahmud bukan saja figur yang dicintai organisasi Syarikat Islam, organisasi lain seperti KNPI juga tidak pernah bersebarangan dengan beliau, ya karena beliau tipikal figur yang terterima disemua lini dan pemberi solusi,” tutur Bung Amas, Alumni FISIP Unsrat Manado ini.

Untuk diketahui, nama Mahmud Turuis juga menjadi perbincangan hangat di internal PDI Perjuangan untuk dicalonkan sebagai Wakil Wali Kota Manado. Tak hanya itu, para Relawan MT dan simpatisan pun mulai melakukan kampanye turun mengamankan basis masyarakat selama beberapa bulan terakhir ini. Mahmud dinilai mendapat banyak dukungan masyarakat, terutama bagi pemilih muslim Manado.

(*/Redaksi)

iklan1
iklan1