Kunker di Rutan Manado, Senator Djafar Juga Serahkan Bantuan

Rombongan Komte I DPD RI saat diterima Kakanwil Kemenkumhan Sulut (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Bergerak merespon dan bahkan turun langsung mengunjungi masyarakat, Komite I Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Selasa (4/8/2020), melalui Wakil Ketua Komite I DPD RI, Ir. H. Djafar Alkatiri, MM.,M.PdI melakukan kunjungan kerja di Kota Manado. Senator Djafar hendak memastikan pelayanan, fasilitas dan sistem yang dijalankan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Malendeng Manado berjalan lancar ataukan masih penuh masalah.

Senator Daerah Pemilihan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini saat diwawancarai menyampaikan sasaran Kunjungan Kerja (Kunker) terutama terkait pelayanan Rutan di tengah pencegahan penularan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Menurut Djafar hasil dialog yang dirampungkannya dalam catatan notulensi memuat beberapa hal penting, terutama fasilitas Rutan yang perlu juga mendapat perhatian.

Berlangsungnya dialog bersama Wakil Ketua Komite I DPD RI, Djafar Alkatiri( Foto Suluttoday.com)

‘’Saya juga akan mendorong  pembangunan dan renovasi ruangan yang terbakar di lapas II A akibat kerusuhan yang lalu untuk menjadi prioritas bagi Kementrian Hukum dan Ham. Kunker dari DPD RI ini hendak memastikan kalau Rutan Malendeng Kota Manado dalam pelayanan di era pandemi COVID-19 sedang berjalan sesuai aturan. Proses berdialog dengan pihak Rutan berjalan lancar dan didampingi Kakanwil Kemenkumhan Provinsi Sulut Lumaksono, S.H., M.H, Kadiv Pemasyarakatan Bambang bersama jajarannya dan kita menemukan ada hal-hal soal layanan yang perlu terus diperkuat,’’ kata Senator Djafar yang juga mantan Anggota DPRD Provinsi Sulut ini.

Senator Djafar saat diterima dalam kunker di Lapas (Foto Suluttoday.com)

Selain itu, Kunker Wakil Ketua Komite I DPD RI dalam rangka pengawasan Dampak COVID-19 ini mendapat sambutan luar biasa. Turut mendampingi Senator Djafar adalah Kakanwil Kemenkumhan Provinsi Sulut Lumaksono, S.H., M.H, Kadiv Pemasyarakatan Bambang. Kemudian, saat mengunjungi Lapas kelas IIA Manado, Senator Djafar diterima Kalapas Amry dan Rutan Malendeng oleh Plt. Rutan Malendeng Sonny T.

Suasana penyerahan bantuan dari Senator Djafar Alkatiri (Foto Suluttoday.com)

Kunker Senator sekaligus dialog dengan warga binaan dan meninjau fasilitas Rutan tersebut berjalan lancar sesuai rencana. Pada akhir Kunjungan, Senator Djafar menyerahkan bantuan Motor Sampah masing-masing untuk warga Rutan Malendeng. Untuk Rumah Ibadah Masjid dan Gereja Masing-masing 5 juta serta tali asih untuk warga Binaan di Rutan Malendeng.

‘’Alhamdulillah kami juga menyerahkan kendaraan Motor Sampah kepada pihak Lapas dan juga Rutan di Manado. Mereka dengan penuh keakraban dan gembira menyambut kedatangan, saya melihat berbagai pelayanan sudah cukup baik. Tapi, tetap saya dorong untuk terus memperhatikan pelayanan yang prima dan manusiawi. Mantapkan terus pelayanan. Komite I DPD RI juga menyerahkan bantuan ke Rumah Ibadah berupa uang tunai ke Masjid dan Gereja, sekaligus tali asih untuk warga Binaan. Semoga bermanfaat, dapat membantu meraka,’’ ujar Senator Djafar.

Pembagian tali asih dari Senator Djafar (Foto Suluttoday.com)

Tak hanya itu, Senator Djafar menambahkan kalau dirinya mengambil posisi di depan untuk mendorong terlahirnya ruang kerja sama yang sinergis antara peran Lapas dan pemerintah daerah. Dalam evaluasinya, hal itu perlu diwujudkan agar layanan di Lapas berjalan tertib, sinergis dan saling menunjang.

‘’Kami juga sedang mencari formula kerja sama antara lembaga pemasyarakatan dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kemampuan Lapas dalam pembinaan dan sarana penunjang di Lapas serta rutan. Sehingga pembangunannya berjalan integral,’’ tutur Djafar menutup.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1