Pemkot Manado Salurkan Bansos di Karame Kecamatan Singkil

Kadis Sammy saat menyerahkan bantuan, simbolis kepada Camat Zainal (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Pemerintah Kota Manado dalam jadwal penyaluran bantuan tahap II (dua) untuk warga terdampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) terus digenjot. Kamis (6/8/2020), di Kecamatan Singkil Manado menjadi Kecamatan ke-11 atau keterakhir dalam penyaluran Bantuan Sosial (Bansos). Bertempat di Kelurahan Karame, Singkil Kota Manado Dinas Sosial dan Pemberdayaan Kota Manado menyerahkan bantuan untuk 996 penerima.

Hal itu seperti disampaikan Kepala Dinas Sosial Sammy Kaawoan. Menurutnya sebagaimana yang disampaikan Wali Kota GS Vicky Lumentut bahwa penyaluran harus memperhatikan protokol kesehatan dan harus bekerja tuntas dan selektif dalam pembagian sesuai data. Hal tersebut dimaksudkan agar tidak menyalahi ketentuan yang ada.

‘’Sebagaimana harapan Wali Kota Manado, Pak GS Vicky Lumentut agar Bansos diserahkan segera. Kemudian tepat sasaran, harus dipastikan bantuan yang disalurkan benar-benar layak diterima masyarakat terdampak. Dalam penyaluran tahap II ini, kami berharap semua berjalan lancar. Iya, sekitar 996 penerima di Kelurahan Karame yang akan kita bagikan bantuan,’’ kata Sammy.

Sementara itu saat ditemui di Kantor Lurah Karame, Zainal Nawai selaku Camat Singkil yang juga ikut dalam proses menerima bantuan mengharapkan agar penyaluran bantuan memperhatikan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, Zainal berpesan agar masyarakat penerima bersabar, mengikuti tahapan yang ditetapkan tim penyalur bantuan.

‘’Alhamdulillah di Kecamatan Singkil telah berjalan pembagian Bansos dari Pemkot Manado. Untuk Kelurahan Karame saya berharap Pak Lurah dan tim Dinsos dapat bekerja sama membagikan bantuan kepada masyarakat sebagaimana data yang ada. Begitu pun untuk masyarakat penerima agar tertib, mengikuti aturan atau cara kerja dari pihak yang diberi tanggung jawab membagikan bantuan ini,’’ ujar Zainal.

Camat Singkil, Zainal bersama tim pemantau penyaluran bantuan (Foto Suluttoday.com)

Senada dengan itu, Lurah Iskandar Polontalo kepada wartawan saat diwawancarai menyebutkan sejumlah jenis bantuan yang diberikan kepada masyarakat. Pemerintah juga meminta kerja sama masyarakat, tambah Lurah Iskandar. Selain itu, Lurah menyampaikan pola penyaluran dilaksanakan melalui pembagian ke Kepala Lingkungan sehingga tertip dan berjalan lancar.

‘’Bantuan terdiri dari beras 9.960 kilogram, ikan kaleng 14.940 kaleng, dan 3.984 masker kami berharap dapat dimanfaatkan masyarakat Karame. Kami juga mengajak masyarakat agar sama-sama menunjang semua program pemerintah. Dalam hal pembagian Bansos di Karame kami akan membagikan tugas, dari 6 Lingkungan yang ada, para Kepala Lingkungan saya meminta memimpin pelaksanaan pembagian. Kita membagikan bantuan dengan taat pada protokol kesehatan. Kita menargetkan paling lama 3 hari selesai pembagian ke rumah-rumah masyarakat,’’ tutur Iskandar.

Sekcam Singkil, Octavianus bersama Lurah Iskandar saat penyaluran bantuan (Foto Suluttoday.com)

Proses penyaluran bantuan di Karame dihadiri langsung Kadis Sammy Kaawoan, Camat Zainal Nawai, Sekretaris Kecamatan, Octavianus Barahama dan diterima Lurah Karame, Iskandar Polontalo, di Kantor Lurah Singkil. Bersama pihak Polsek Singkil dan pengawas penyalur bantuan dari unsur profesional.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1