Vira Cs (Mungkin) Perempuan Pengkonsumsi Alkohol Sehari-hari

Anastasia Durado (Foto Suluttoday.com)

Oleh : Anastasia Durado

Saat bersama Vira, Gina dan beberapa teman mereka, mungkin kita akan terbiasa dengan adegan-adegan meminum minuman keras atau alkohol. Vira, Gina atau mungkin beberapa teman mereka terlihat sudah kecanduan alkohol. Bahkan di negara seperti Korea, kebiasaan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol ini merupakan tradisi sebagai bentuk penghargaan.

Minum alkohol juga menjadi sarana untuk mengekspresikan diri. Bukan hanya pria saja yang gemar mengonsumsi minuman keras, para wanita juga. Namun, terkadang para wanita mengabaikan dampak-dampak yang terjadi setelah kecanduan mengonsumsi minuman keras. Padahal, minum minuman keras ini dapat dikendalikan bahkan dihentikan. Dampak dari minuman keras ini bisa membahayakan organ-organ vital dalam tubuh, bahkan sampai mengancam nyawa.

Menurut everydayhealth.com dan helpguide.org , ada beberapa bahaya mengonsumsi minuman keras bagi wanita: Wanita yang minum alkohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara dan kanker kepala dan leher. Salah satu studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menemukan, mengkonsumsi tiga sampai enam minuman beralkohol dalam seminggu bisa meningkatkan resiko kanker payudara sebesar 15 persen.

Bagi sebagian orang, meminum minuman keras menjadi salah satu jalan untuk menghilangkan stres. Namun, kenyatanya mengonsumsi alkohol yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan depresi, masalah tidur, gagal jantung, dan gizi buruk pada wanita. Dampak ini akan sangat terasa pada wanita yang sudah berumur lebih tua. Mengonsumsi alkohol merupakan salah satu kontributor utama terjadinya kekerasan dengan pasangan.

Pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ini terutama jika konsumsi alkohol pada tingkat berlebihan Di Inggris, diperkirakan sebanyak 89 persen korban kekerasan sesksual adalah perempuan. Alkohol dapat mempengaruhi kemampuan wanita untuk hamil. Selain itu, penggunaan alkohol selama kehamilan dapat menimbulkan konsekuensi berbahaya bagi anak yang belum lahir. Minum alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan serangkaian cacat fisik dan cacat mental usai kelahiran.

 

——————————————

Penulis Adalah THL di Disdukcapil Manado

iklan1
iklan1