Fakultas Hukum Unsrat Gelar Webinar Bahas OTSUS Jilid II

Dekan Fakultas Hukum Unsrat, Dr. Flora Pricilla Kalalu (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Masih dalam suasana Dies Natalis ke-62 Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Kamis (13/8/2020) Dekan Fakultas Hukum Unsrat, Dr. Flora Pricilla Kalalo, SH.,MH menggelar Webinar. Diskusi melalui kanal Zoom meeting ini membahas topik terkait ”Otsus Jilid II: Solusi Keberhasilan Pembangunan di Papua Menuju Kesejahteraan”.

Flora Kalalo begitu mantan aktivis organisasi Cipayung itu akrab disapa dalam sambutannya menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut. Menurut Flora di tengah penularan pandemi Corona Virus Diseasi 2019 (COVID-19) pemerintah dan semua pihak juga perlu mewaspadai lahirnya penyakit seperti terjadinya penurunan rasa nasionalisme di tengah masyarakat. Sehingga dipandang perlu adanya pencerahan dan pembahasan terkait tema-tema cinta tanah air.

”Tujuan Webinar digelar yakni menciptakan rasa nasionalisme dan kepedulian civitas akademika Fakultas Hukum Unsrat akan daerah dan masyarakat Papua sebagai saudara sebangsa dan senegara. Memang tak bisa pula kita nafikkan bahwa di era pandemi COVID-19, sejumlah aktivitas kita tidak normal seperti sebelum-sebelumnya. Begitu pula kita memasuki normal baru, iklim interaksi pun berbeda dengan situasi dimana sebelum kita didera pandemi. Itu sebabnya, rasanya begitu penting Webinar ini kita laksanakan,” ujar Flora.

Narasumber saat menyampaikan materi (Foto Istimewa)

Akademisi vokal yang begitu akrab dengan para jurnalis itu menyampaikan hormat kepada para narasumber yang hadir. Menurut Flora memelihara dan mengamalkan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan nilai penting yang harus dilakukan semua generasi anak bangsa Indonesia. Flora juga dengan rendah hati mempersilahkan para pembicara untuk memaparkan materinya.

”Kegiatan ini merupakan kerjasama Fakultas Hukum UNSRAT, UNHAN, Kodam VIII Kasuari, BIN dan LIPI. Selanjutnya, panitia telah mengundang, mengkonfirmasi kehadiran para narasumber yang berkompeten. Topik bahasan kita kali ini adalah tentang Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II, lalu relasinya dengan peningkatan kesejahteraan saudara-saudara kita di Papua. Para narasumber yang terhormat nanti diberikan waktu untuk mengulas, memberikan saran pendapat, sekaligus menganalisis situasi yang ada. Tentu ini sebagai sumbangsih terhadap kemajuan Indonesia. Kita berharap Papua makin berjaya, warganya makin sejahtera,” kata Flora menutup.

Peserta Webinar saat berinteraksi (Foto Istimewa)

Yang bertindak sebagai Ketua Panitia pelaksana adalah Dr. Grace H. Tampongangoy, SH.,MH dan Sekretaris Panitia Grace M.F. Karwur, SH.,MH. Para narasumber yang di undang yakni Mayor Jenderal TNI Ali Hamdan Bogra (Panglima Komandan Daerah Militer XVII/Kauari), Laksamana Madya TNI, Dr. Amarulla Oktavian, ST.,M.Sc.,DESD (Rektor Universitas Pertahanan), Dr. Wawan Hari Purwanto, SH.,MH (Deputi VIII Badan Intelijen Negara), dan Prof. Dr. (r) Hanny Warsilah (Peneliti Senior LIPI). Diskusi terbuka untuk umum dengan peserta dari civitas akademika, TNI/POLRI dan umum.

(*/Bung Amas)

iklan1
iklan1