Membanggakan Sekolah, 2 Lulusan Manado Independent School Tembus Universitas Pertahanan

Arcelinocent Emile Pangemanan bersama Atika (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Tidak mudah menjadi disiplin, rutin dan giat belajar untuk meraih prestasi bagi para siswa atau mahasiswa. Pekerjaan, atau kebiasaan yang kadang kala di era modern saat ini mulai jarang kita jumpai di Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada umumnya. Jauh dari aktivitas hura-hura Arcelinocent Emile Pangemanan dan Astikahilda Maria Pangemanan, jebolan (lulusan) Manado Independent School (MIS) kakak beradik ini berhasil diterima di Universitas Pertahanan (UNHAN).

Arcelinocent telah diterima sebagai mahasiswa S2 Fakultas Strategi Pertahanan Universitas Pertahanan adalah Lulusan MIS Tahun 2016 dan telah menyelesaikan study S1 di Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Tahun 2020. Arcelinocent yang tercatat sebagai mahasiswa berprestasi juara 1 UNSRAT dan lulus cumlaude ini menyampaikan rasa syukur telah diterima di kampus ternama Universitas Pertahanan.

Berkat disiplin belajar yang tinggi, Arcelinocent mengaku apa yang dilaluinya di bangku sekolah dan di kampus dijalaninya dengan lancar. ”Iya, saya sudah diterima masuk UNHAN. Senin (31/8/2020) saya sudah mulai kuliah perdana di Kampus UNHAN di Salemba. Pada Sabtu (29/8/2020) Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto memimpin prosesi upacara pembukaan pendidikan S1, S2 dan S3 di Kampus Universitas Pertahanan di Sentul Bogor,” kata Arcelinocent.

Dalam amanatnya, Bapak Prabowo mengingatkan agar para mahasiswa harus terus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa Indonesia yang unggul dan maju sehingga kader bela negara dapat menjadi agen-agen cinta tanah air, dapat meningkatkan pengetahuan ilmu dan teknologi.

“Tantangan zaman tidaklah mudah pada saat ini sehingga bangsa Indonesia harus terus meningkatkan kemampuan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” demikian arahan Bapak Prabowo sebagaimana dikatakan Arcel sapaan akrab Arcelinocent, saat diwawancarai Rabu (2/9/2020).

Tambahnya lagi, bahwa dirinya akan menjalankan amanat tersebut, mulai beradaptasi dan berkompetisi untuk menyelesaikan studi tepat waktu.

Sementara itu Astikahilda juga diterima di Universitas Pertahanan pada Fakultas Kedokteran Militer. Astikahilda yang akrab disapa Astika lulusan MIS Tahun 2020. Saat ini Astika sudah mulai Kuliah di Kampus UNHAN di Sentul Bogor.

Terkait dengan prestasi ini, menurut testimoni dari Teresita Karundeng-Sanchez, MAEd, salah satu guru MIS kepada Suluttoday.com, Selasa (2/9/2020) saat diwawancarai menceritakan bagaimana sosok dua siswa siswi berprestasi yang menjadi kebanggaan sekolah MIS. Selama menjadi siswa di MIS, Tersita mengatakan Arcel dan Astika begitu produktif dalam aktivitas belajar mengajar.

Astikahilda Pangemanan saat kelulusan di MIS (Foto Istimewa)

”Arcel adalah siswa yang taat kepada aturan dan aktif berpartisipasi dalam semua kegiatan sekolah. Demikian pula Astika adalah siswi yang berprestasi di bidang akademis dan non akademis sejak SD Astika sekolah di MIS sampai Lulus SMA. Astika pernah menjabat ketua osis SD dan SMP. Dia taat terhadap aturan sekolah dan salah satu siswa yang bisa diteladani dalam belajar. Astika pernah menjadi salah satu siswa perwakilan MIS saat ajang OSN tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional. Astika pernah membawa harum nama Manado Independen School ketika mendapat Juara 1 pada Kejuaraan Basket DBL. Selain itu Astika kerap mengikuti lomba debat bahasa Inggris dan lomba mata pelajaran dari tingkat Kabupaten, Propinsi dan Nasional,’’ ujar Teresita.

Guru MIS ini menjelaskan Astika selama di sekolah MIS selalu memberi kesan positif bagi sesama siswa dan para guru-gurunya. Sifat sosialnya untuk peduli terhadap kondisi masyarakat juga terlihat, Astika terlibat aktif di berbagai kegiatan sekolah terlebih kegiatan sosial (berbagi kasih dan santunan).

”Menjadi kebanggaan bagi semua guru di MIS saat mengatahui bahwa siswa siswi MIS bisa diterima di berbagai universitas. Mereka universitas terkenal di Indonesia maupun di luar Negeri,” tutur Teresita.

Di tempat terpisah, Ibunda tercinta dari Arcel dan Astika, Dr. Flora Kalalo, SH, MH membenarkan bahwa anak-anaknya tercinta telah lulus di UNHAN. Flora yang juga Dekan Fakultas Hukum Unsrat Manado ini mengaku bangga atas kerja keras dan keuletan anak-anaknya. Tak hanya itu, akademisi yang vokal ini menyampaikan selalu memberi support dan doa terbaik untuk anak-anaknya.

“Puji Tuhan mereka lulus, diterima di Universitas Pertahanan. Mereka berdua lulusan Manado Independen School. Saya selalu menopang mereka dalam doa, memberi dukungan atas apa yang mereka upayakan dalam proses belajar agar terus berprestasi,” ujar Flora.

iklan1
iklan1