Menanam Kedelai, GS VICKY LUMENTUT: Perkuat Kolaborasi Majukan Sektor Pertanian

Proses penanaman bibit Kedelai dimulai Wali Kota GSVL (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Tidak hanya menyampaikan himbauan dan mengajak komponen masyarakat untuk berkebung dengan program ‘Mrijo Ba Kobong’. Lebih dari itu, Selasa (13/10/2020), pemerintah Kota Manado terus tancam gas menggarap lahan untuk mendorong program disektor pertanian. Meski pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), semangat Wali Kota Manado, Dr. GS Vicky Lumentut tidak pernah berhenti, Vicky Lumentut malah turun langsung dalam penanaman bibit kedelai.

“Selamat atas penanaman ini, dan mari kita mulaikan dalam nama Tuhan, dalam keyakinan kita lakukan penanaman. Terimakasih, ” ujar Wali Kota Manado 2 periode ini, sambil mendorong alat tanam kedelai diatas lahan perkebunan.

Sekedar diketahui, pemerintah Kota Manado juga telah melaunching program Marijo Ba Kobong pada perayaan Hari Tani Nasional pada 24 September 2020 lalu. Program ini menurut Vicky Lumentut menjadi titik star menuju Manado sebagai salahsatu daerah penghasil kedelai di Sulawesi Utara dengan menargetkan 100 hektar lahan untuk bibit kedelai yang tersedia oleh Pemerintah Kota Manado melalui perangkat daerah Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan.

Kali ini Wali Kota melakukan kegiatan Ba Kobong bersama kelompok tani (Poktan) Cempaka Meras, di Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken yang diketuai Sutrisno Mataser diatas lahan 10 hektar. Sambil mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi dalam memajukan sektor pertanian ke depan di Kota Manado

”Program Ba Kobong, yang sudah kita canangkan pada bulan Februari lalu sebelum covid-19 ada di Kota Manado, melalui Ba Kobong kita perkuat ketahanan pangan keluarga dan perkuat ketahanan pangan di kota kita ini Manado. Juga membantu kebutuhan ekonomi keluarga dimasa sulit pandemi sekarang,” kata GSVL sapaan akrab Lumentut.

Wali Kota Manado saat menyerahkan bantuan (Foto Istimewa)

Target 100 hektar lahan untuk bibit kedelai dalam kurung waktu hampir dua mingguan hingga saat sudah sudah ada 65 hektar lahan yang ditanami bibit kedelai yang tersebar di Kelurahan Meras 20 Hektar, Kecamatan Bunaken, Kelurahan Bengkol 25 Hektar, Kelurahan Kima Atas 10 Hektar, dan Kelurahan Lapangan 10 Hektar Kecamatan Mapanget.

Wali Kota GSVL juga memberikan bantuan hand sprayer atau alat semprot portabel kepada poktan dalam membantu kebutuhan pertanian mereka.

Turut mendampingi Wali Kota GSVL diantaranya, Kadis Pertanian Kelautan dan Perikanan, M Sofyan, Ketua FKUB Kota Manado, Pdt Renata Ticonuwu, STh, Kabag Pem-Humas Kota Manado, Sonny M.Takumansang, Camat Bunaken Boyke Pandean, Ketua KTNA Kota Manado, George Keintjem.

(*/Amas)

iklan1
iklan1