Harley Mangindaan: Selamat Milad Syarikat Islam, Berjaya Selalu

Harley AB Mangindaan (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Di usia yang cukup tua yakni 115 Tahun, Syarikat Islam (SI) telah mencetak begitu banyak kader bangsa. Mereka yang mengabdi di seluruh penjuru Nusantara, berkontribusi memajukan Negara Indonesia tercinta. Organisasi yang didirikan Raden Hadji Oemar Said Tjokoraminoto atau yang akrab disebut HOS Tjokroaminoto itu ternyata mendapat perhatian khusus, calon Wakil Wali Kota Manado, Dr. Harley Alfredo Benfica Mangindaan.

Jumat (16/10/2020), saat diwawancarai, Harley menyebutkan organisasi yang dirikan 16 Oktober 1905 itu sangat berjasa besar terhadap kemajuan Indonesia. Politisi muda yang gesit dan peduli pada kepentingan masyarakat itu menyampaikan ucapan selamat. Harley berharap di usia yang bertambah, SI terlebih di Sulawesi Utara dan Kota Manado maskin berenergi dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah.

”Kita yang gemar membaca sejarah perjuangan bangsa ini, tentu tak akan luput dan mengenal betul bagaimana kontribusi organisasi besar seperti Syarikat Islam terhadap pembangunan Indonesia. Begitu luar biasa, kader-kader yang dilahirkan dari rahim Syarikat Islam. Banyak selamat untuk Syarikat Islam yang berulang tahun hari ini. Genap berusia 115 Tahun, tidak mudah melewati dialektika. Kiranya Syarikat Islam Sulawesi Utara dan Kota Manado makin berjaga,” kata Harley yang juga Wakil Wali Kota Manado periode 2010 – 2015 ini pada Suluttoday.com, Jumat (16/10/2020).

Selain itu, Harley sempat menyebut beberapa nama besar penggerak Syarikat Islam dan juga tokoh pembaharu Indonesia yang gagasan besar mereka menginspirasi Indonesia menggapai kemerdekaan samapai saat ini. Syarikat Islam tambah Harley, harus diapresiasi dan diberi support untuk menjaga kerukunan, kemajuan serta kesuksesan pembangunan.

”Sekali lagi, selamat milad Syarikat Islam. Sejumlah tokoh hebat dan luar biasa dilahirkan Syarikat Islam. Diantaranya kita mengenal HOS Tjoroaminoto, Haji Samanhudi, Agus Salim, Abdul Muis, termasuk Ir. H. Soekarno, serta sederet tokoh-tokoh besar lainnya di Indonesia, mereka kader bangsa yang terlahir dari rahim organisasi Syarikat Islam. Sejarah Indonesia, tanpa Syarikat Islam adalah ahistoris, artinya fakta sejarah mencantumkan bagaimana spirit Syarikat Islam membangun Indonesia,” ujar Harley yang juga calon Wakil Wali Kota Manado Nomor Urut 4 ini.

(*/Amas)

iklan1
iklan1