ODSK Masih Teratas di Pilgub Sulut, Ini Hasil Rilis Resmi LSI

Ikrama Masloman ketika memaparkan hasil Survei LSI (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Melalui rilis resmi Konsultan Citra Indonesia bersama Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network memaparkan data terbari per Oktober 2020. Bertempat di Hotel Grand Central Manado, Sabtu (31/10/2020), Ikrama Masloman, peneliti senior LSI dalam konferensi pers bertema Efek Kampanye dan Lima Kekuatan Petahana di Masa Kampanye menyebutkan posisi Olly DondokambeyStaven Kandouw (ODSK) sebagai paslon petahana di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provensi Sulawesi Utara (Sulut) masih unggul jauh.

Keunggulan petahana dibanding penantang disebutkan karena petahana memiliki 5 kekuatan di masa kampanye. Ikrama juga menyebutkan citra ODSK dinilai masyarakat sebagai figur yang memiliki kans besar untuk melanjutkan kembali kepemimpinan di Provinsi Sulawesi Utara. Tidak hanya itu, jebolan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado itu mengatakan dengan perhitungan waktu tinggal 39 hari lagi menuju Hari H pencoblosan, rasanya penantang (CEP-Sehan dan VAP-Hendri) sulit melewati elektabilitas petahana.

”Ada 5 (lima) kekuatan petahana semenjak kampanye Pilgub Sulawesi Utara resmi dilaksanakan. Pertama, satu bulan masa kampanye petahana dipersepsi sulit dikalahkan, dengan variabel alasan masyarakat. Kedua, satu bulan masa kampanye juga elektabilitas petahana kokoh diatas 60%. Ketiga, petahana dinilai paling dominan, Keempat, Nomor Urut petahana (ODSK) paling banyak diingat masyarakat, dan kelima, selama satu bulan kampanye, antusiasme pemilih petahana paling tinggi,” ujar Ikrama dihadapan sejumlah wartawan, Sabtu (31/10/2020).

Penjelasan materi yang disampaikan Ikrama Masloman (Foto Suluttoday.com)

Tidak hanya itu, pria yang aktif terlibat sebagai pembicara di media nasional, sebagai analis politik dan juga Alumni aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado ini mengungkap rahasia kenapa Olly-Steven sangat perkasa, diuraikannya dalam sejumlah poin. Menurut Ikrama nilai lebih petahana di Pilgub Sulut berpotensi menambah suara disaat pencoblosan, Rabu 9 Desember 2020.

”Tentu Olly-Steven perkasa karena paling populer dan paling disukai. Kemudian, unggul disemua aspek personaliti, tingkat kepuasan kinerja diatas 80%, tingkat menginginkan kembali memimpin Sulut diatas 65%. Selain itu, isu Bolmong Raya tak berpengaruh karena dukungan 4 Bupati/Wali Kota ke petahana menambah kuat posisi Olly-Steven untuk menang. Yang terakhir, jangkar isu Nusa Utara, diperkokoh dengan penunjukan Ketua DPRD Provinsi Sulut, Andi Silangen yang merupakan putra Nusa Utara. Tren kenaikan ini, bisa menambah khasanah kekuatan bagi petahana, jika kampanye dan sosialisasi terus dipertahankan intensitasnya,” kata Ikrama.

(*/Amas)

iklan1
iklan1