Teguh, Beginilah GSVL Tangani Covid-19 di Kota Manado

Dr. GS Vicky Lumentut, Wali Kota Manado (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – 14 November Jumat pekan lalu, masyarakat Kota Manado baru saja memasuki bulan kedelapan penuaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ada di Manado. Dalam laporan Bersatu Lawan Covid-19, per 15 November, sudah pekan ke-10, Manado bertahan di Zona Risiko Oranye. Kegigihan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Manado, Wali Kota Dr. GS Vicky Lumentut mengoptimalkan berbagai potensi sumber daya mulai dari jajaran Pemerintahan, TNI/Polri, Pengusaha.

Kemudian, Satgas Lingkungan dan Satgas Perempuan serta komponen masyarakat lainnya untuk ‘melawan’ laju peningkatan kasus baik suspek maupun konfirm dan dengan gigih menunjukkan sikap peduli, ternyata disambut sinis sekelompok masyarakat. Ketua Dewan Penasihat APEKSI ini kerap dibully (dirundung). Hal ini mendapat tanggapan Franky Mocodompis, KeapusTIK C3 Manado, saat berbincang dengan Suluttoday.com, Kamis (19/11/2020).

”Tak tanggung-tanggung, pelantikan Satgas Covid19 di Tikala dijadikan bullying, dicibir dan dijadikan bahan grap-grap deng basosere. Kiapa kwa nda beking Taon Depan jo, So Nda War-war ja beking, merangkap panitia natal kata, bahkan yang lebih sarkas, mungkin for gelombang kadua, dan s’moga dapa di bergelombang. Tulisan-tulisan itu bahkan diberi bumbu gelak tawa terbahak,” ujar Franky Mocodompis, S.Sos, Kepala Pusat Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau disingkat KaPusTIK C3, Dinas Kominfo Kota Manado ini.

Lanjutnya lagi, padahal yang menuliskan sebagian besar teman dekat Wakil Wali Kota Mor Dominus Bastiaan yang sementara cuti dan akan kembali melaksanakan tugas mulai 6 Desember kemudian masih akan mendampingi Pak Wali Kota sampai 9 Mei 2021. Mereka tak tahu hampir setiap hari sosialisasi covid-19 yang dilakukan Wali Kota yang akrab disapa GSVL masih ada kecenderungan naik, apalagi hanya berdiam diri.

”Ah, biar jo katu dorang (biarlah mereka) pe senang torang nda mo ganggu (kami tidak mau mengganggu) Pak. Anggap saja ini vitamin. Lanjut saja Pak, tetap Semangat beri yang terbaik untuk warga. Sama deng bapak ja beking tiap hari, titip akang deng cumu akang jo dorang pe nama-nama di pokok doa, semoga Tuhan memberkati dan diberikan kelembutan hati untuk bersama Pemerintah berpartisipasi aktif melawan Covid-19,” kata Mocodompis.

Tambahnya lagi menguraikan bahwa di Kecamatan Wenang, Wanea, Sario, Mapanget, Tikala sudah. Eso lanjut di Bunaken dan Malalayang. Sisanya kase trus jo Pak. Kukuh jalankan instruksi Presiden Jokowi, Persoalan Covid-19 Terlalu Besar jika Pemerintah Sendirian.

”Sepekan terakhir skala indeks kota Manado mengalami penurunan sebesar 0,03 poin, hingga turun dari 2.14 menjadi 2,11. Fakta ini kase gambaran pa torang, soal covid blum klar urusan di Manado. Jadi daripada cuma ba sosere mari jo rame-rame deng Satgas Lingkungan torang makin aktif kase inga warga di sekitar for tetap giatkan protokol kesehatan,” tutur Mocodompis.

(*/Amas)

iklan1
iklan1