Data Terbaru LSI, OLLY STEVEN di Ambang 2 Periode Sulit Terkejar

Aji Alfarabi ketika menyampaikan hasil survey LSI di Manado (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Tersisa 7 hari lagi menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Rabu 9 Desember 2020. Kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menyajikan aneka warna konstelasi politik tersendiri. Umumnya, di menit-menit terakhir ada pergerakan politik yang makin kencang. Di Pilgub Sulut kekuatan petahana Olly DondokambeySteven Kandouw atau yang akrab disingkat Olly Steven makin kokoh elektabilitasnya.

Berdasarkan hasil survey yang disampaikan LSI Denny JA, per Desember 2020, Rabu (2/12/2020) menempatkan Olly Steven makin sulit terkejar penantang. Menurut Aji Alfarabi, peneliti senior LSI Denny JA tingkat kepuasan kinerja, persepsi keberhasilan, populer dan disukai, dan aspek personality, Olly disebut masih unggul. Kecerdasan masih menjadi magnet bagi masyarakat Sulut untuk memilih kembali Olly Steven.

”Sejumlah alasan menguatkan kenapa Olly Steven perkasa?, diantaranya karena tingkat kepuasan kinerja diatas 80%. Selain itu, persepsi berhasil diatas 80%, ODSK paling populer dan paling disukai. Diatas 65% masyarakat menginginkan petahana memimpin kembali Provinsi Sulawesi Utara. Mereka yang berkeinginan petahana terpilih, diatas 75%. Setelahnya, Olly ditemukan dalam survey unggul dari semua aspek personality,” kata Aji.

Melalui sesi tanya jawab bersama wartawan, Aji juga menegaskan saat merespon sejumlah pertanyaan wartawan, mengatakan bahwa sesuai waktu yang tersedia dan posisi elektabilitas Olly Steven yang masih tinggi, maka penantang menemui kesulitan serius untuk mengejar Olly Steven. Disebutnya, sangat mustahil penantang dapat mengalahkan petahana dengan tren simpati publik yang ada.

”Elektabilitas ODSK (Olly Steven) diatas 65%. Jarak elektabilitas dengan kompetitor terdekat +/-40%, modal ODSK diantaranya juga karena punya pemilih militan diatas 55%. Hampir mustahil kompetitor mengejar elektabilitas petahana,” ujar Aji di Swiss-Belhotel Maleosan Manado.

Suasana usai konfrensi pers, Aji ketika diwawancarai (Foto Suluttoday.com)

Lanjut dipaparkan Aji bahwa LSI juga mengantongi rincian data terkait sebaran suara Olly Steven di Sulut. Berdasarkan peta kekuatan kandidat 6 (enam) segmen pemilih penting, kata Aji keberadaan petahana masih mengungguli semua segmen. Tidak tanggung-tanggung, bahkan untuk pemilih muslim di Sulut Olly Steven masih mendapatkan dukungan lebih dari 50%.

”Ada enam segmen pemilih penting yang kami klasifikasi. Diantaranya, ODSK unggul di pemilih laki-laki maupun perempuan. Yang sebarannya seperti ditampilkan. ODSK juga unggul di semua penganut agama, terlebih untuk di segmen pemilih Islam ODSK mendapatkan 51,6%, protestan dan Katolik di atas 71,5%. Tidak hanya itu, ODSK pun unggul di semua generasi, milenial hingga lansia. ODSK unggul di pemilih pendidikan rendah, hingga terpelajar. Selanjutnya, ODSK unggul di Wong Cilik hingga mereka yang mapan. Dan yang terakhir, ODSK unggul di semua profesi pemilih,” tutur Aji tegas.

LSI dalam paparan tersebut menyimpulkan, 7 hari menjelang pemilihan, ODSK di ambang 2 periode. Elektabilitas petahana diatas 65%, ODSK perkasa di 6 segmen pemilih penting. Pada semua aspek (variabel) yang menjadi pertimbangan pemilih dalam memilih diungguli petahana. Sulit sekali (hampir mustahil) kompetitor mampu mengejar elektabilitas petahana.

(*/Amas)

iklan1
iklan1