Dies Natalis ke-62, Fakultas Hukum Unsrat Terus Ukir Prestasi

Kompak, Dr. Floras selaku Dekan dan para pimpinan Fakultas Hukum Unsrat (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Memajukan sebuah peradaban besar, memang harus diawali dari ruang dan skala dalam lingkup kecil. Usaha itu umumnya dimulai dengan disiplin, juga kesungguhan. Ketika memimpin Fakulas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Dr. Flora Pricilla Kalalo, SH.,MH, selaku Dekan tentu tidak lepas dari tantangan tugas yang dihadapinya. Atas bekal kemampuan, disiplin, pengalaman dan kemauan bekerja profesional Flora berhasil meraih sejumlah prestasi akademik.

Karya nyata itu terbaca dalam kegiatan puncak perayaan Dies Natalis ke-62 Fakultas Hukum Unsrat. Melalui keberhasilan tersebut, Flora tentu punya prinsip dan standar dalam bekerja. Rabu (2/12/2020), Dr Flora memaparkan laporannya bahwa segala visi misi yang ditetapkannya telah dicicil dalam kerja-kerja konkrit. Bagi Flora pengembangan aspek pendidikan begitu penting, itu semua dilakukannya dengan memicu semangat kerja bersama.

”Kami mulai melakukan banyak hal, dengan sungguh-sungguh. Tujuannya agar Fakultas Hukum Unsrat selalu terdepan. Atas kerja bersama itu, kita telah mampu memperkuatkan, memantapkan dan membenahi pengelolaan keuangan. Kita juga mendorong kerjasama, menggairahkan, memajukan kegiatan-kegiatan penelitian,” ujar Flora yang juga jebolan Aktivis mahasiswa Cipayung ini.

Melalui Dies Natalis yang mengangkat tema: Dedikasi pendidikan hukum di tengah pandemi COVID-19 menuju Indonesia New Normal, Flora menyemangati dan memotivasi segenap civitas akademika Fakultas Hukum Unsrat untuk selalu mengedepankan profesionalisme. Flora dalam laporannya juga menempatkan Fakultas Hukum sebagai satu-satunya Fakultas yang disegani, produktif, berkelas dan maju minimal di Unsrat, bahkan secara luas lagi di Sulawesi Utara, Indonesia dan di mata dunia Internasional.

Foto bersama Dekan Flora Kalalo bersama para dosen (Foto Suluttoday.com)

”Jadikan Fakultas Hukum Unsrat tempat kita bekerja dan berkarya, berikan yang terbaik dan buatlah Fakultas Hukum Unsrat menjadi yang terbaik. Layak kita saling memberi apresiasi atas kerja-kerja kita. Kita telah berupaya serius mewujudkan kompetensi dan mendorong kompetisi di tingkat mahasiswa. Karena keberhasilan pendidikan dapat dinilai dari beberapa faktor, diantaranya faktor media pembelajaran. Sarana prasarana, kurikulum, infrastruktur, tenaga pengajar dan kecerdasan dari mahasiswa itu sendiri. Semua faktor itu harus bersinergi, dari situlah kita menghasilkan mutu pendidikan dan lulusan yang handal,” kata Flora.

Untuk diketahui, sejumlah prestasi yang diraih mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat saat dirinya menjadi Dekan. Diantaranya, Juara 1, 2, 3 kompetisi Debat Ilmiah Mahasiswa se-Sulawesi Utara, pada kegiatan ”FEBI Competition”, yang dilaksanakan kampus IAIN Manado 2019. Juara Harapan 1 Lomba Debat Tingkat Nasional Bawaslu Republik Indonesia (RI) tahun 2019. Setelahnya, Juara Favorit, Lomba Debat Nasional dalam Perayaan HUT Lembaga Debat Hukum dan Konstitusi ke-VII 2020. Tak hanya itu, torehan prestasi juga dari mahasiswa Fakultas Hukum Unsrat yang ikut dalam lomba Penulisan Opini, dan mendapatkan Juara 1.

Lomba tersebut dilaksanakan Himapa Universitas 17 Agustus 1945 Tingkat Nasional tahun 2020. Dibidang selanjutnya, Juara 4 Penulisan Artikel Ilmiah Tingkat Daerah Sulawesi Utara 2020. Selanjutnya, Juara 1 Lomba Debat Formasi Universitas Mataram Tingkat Nasional 2020. Terakhir, prestasi gemilang diraih yakni mendapatkan Juara 1 dan 2 di FEBI Competition se-Sulawesi Utara tahun 2020.

(*/Amas)

iklan1
iklan1