Darham Thalib Resmi Terpilih Presiden Mahasiswa IAIN Manado

Secara simbolik Darham Thalib resmi menerima amanah Presiden Mahasiswa (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Regenerasi kepemimpinan di tubuh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado berjalan dramatis, Rabu (10/2/2021). Mantan pengurus HMPS di Fakultas Tarbiyah, Darham Thalib membuat Mantan Sekertaris Umum DEMA IAIN Manado 2020 Lauhil Katili, kandidat lain bertekuk lutut di hadapan para mahasiswa yang menyaksikan.

Kegiatan yang digelar di Aula Rektorat IAIN Manado, membuat Darham dinobatkan sebagai Presiden Mahasiswa dengan meraup sekira 16 suara, 1 suara rusak, dan kompetitornya hanya memperoleh 13 suara dari 30 jumlah Pemilih.

Dalam ajang bergengsi itu, Thalib dengan lugas memaparkan gagasan-gagasannya pada ruang Debat Calon Ketum DEMA yang dilaksanakan tim Lembaga Penyelenggara Pemilihan (LPP). Setelah ditemui, Ketua Umum DEMA IAIN Manado Darham Thalib mengatakan, bahwa Mahasiswa selaku ‘Agent of Social-control’ harus mampu beradaptasi dengan baik.

“Tidak hanya antar mahasiswa, kita juga akan berkolaborasi dengan pihak Birokrat (Rektor) untuk memanfaatkan program Moderasi Beragama melalui diskusi rutin. Wadah ini akan menjadi alternatif, sebagai bentuk perwujudan dari nilai multikultural,” kata Thalib.

Tambahnya lagi, bahwa gagasan yang dituangkannya tersebut, juga akan menjalin hubungan baik antara DEMA dengan Birokrasi yang telah membuat program ini sedari awal. Lanjutnya, ia juga akan membangun budaya kesadaran pengabdian terhadap masyarakat melalui kerja-kerja advokasi di internal maupun eksternal.

“DEMA harus menjadi stimulus untuk merangkul seluruh organisasi kepemudaan, maupun yang berbasis keagamaan pada posisi eksternal. Karena mengingat pandemi belum berakhir, kerja advokasi akan berkesesuaian dengan zaman lewat media,” ujar Thalib tegas.

Aktivis vokal ini mengajukan sejumlah contoh problematika, seperti UKT yang masih membudaya. Apalagi mahasiswa diperhadapkan dengan situasi menurunnya ekonomi keluarga akibat dampak pandemi. Kemudian, demi peningkatan kualitas minat-bakat mahasiswa, pihaknya akan membangun konsolidasi dengan sejumlah lembaga UKM/UKK di kampus hijau tersebut.

Dengan berakhirnya hiruk-pikuk musyawarah kemahasiswaan yang melahirkan pemimpin baru itu, Nahkoda baru DEMA IAIN Manado turut berterima kasih kepada para Pimpinan Kampus yang telah mendukung aktifitas tersebut.

“Saya berterima kasih kepada Pimpinan Kampus, Rektor IAIN Manado Delmus Puneri Salim dan Warek III Bidang Kemahasiswaan Musdalifah Dachrud yang telah mendukung penuh dan mengizinkan untuk berkegiatan (Kongres Mahasiswa) di situasi pandemi, serta kontribusi seluruh Keluarga Besar Mahasiswa IAIN Manado,” ujar Thalib.

(*/Redaksi)

iklan1
iklan1