PMI Minta Bantuan BP2MI Manado untuk di Pulangkan

Petugas BP2MI Manado saat menerima keluhan (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Kamis tanggal 11 Februari 2021, UPT BP2MI Manado menerima pengaduan dari keluarga pekerja migran Indonesia (PMI) asal kota Manado. Menurut kronologis kejadian yang diterima oleh UPT BP2MI Manado, PMI yang berasal dari Kota Manado ini adalah PMI unprosedural yang berangkat ke Jepang dengan menggunakan visa wisata.

Ditemui di kantornya, kepala UPT BP2MI Manado Hendra Makalalag menyebutkan bahwa pengaduan semacam ini adalah pengaduan yang kesekian kalinya diterima UPT BP2MI Manado.

”Keluarga PMI yang bersangkutan mengadukan nasib anaknya ke kantor kami. Berdasarkan informasi yang kami terima, PMI tersebut berangkat dengan menggunakan visa wisata dan kini sedang terbaring sakit di Jepang. Karena itulah keluarga PMI tersebut datang untuk meminta bantuan agar dapat dipulangkan ke Indonesia. Pengaduan semacam ini banyak kami terima karena masih banyak masyarakat yang belum paham akan pentingnya berangkat bekerja ke luar negeri secara prosedural,” ujar Makalalag.

Lanjut Kepala BP2MI Manado ini menegaskan bahwa BP2MI akan berusaha sekuat tenaga untuk memulangkan PMI yang bersangkutan dari Jepang.

”Kami akan berkoordinasi dengan pihak KBRI Jepang untuk penyelesaian masalah ini sebagai bentuk pelayanan VVIP BP2MI kepada PMI. Namun kami juga menyarankan kepada keluarga PMI untuk menginformasikan kepada PMI yang bersangkutan agar membuat pengaduan ke KBRI Jepang perihal masalah yang tengah ia hadapi. Tidak perlu takut dengan intimidasi darimanapun karena negara pasti akan hadir untuk membantu,” kata Makalalag.

Dalam kesempatan yang sama, Makalalag juga menghimbau kepada masyarakat Sulawesi Utara agar tidak mempercayai rayuan calo yang menjanjikan berangkat kerja ke luar negeri dengan mudah secara unprosedural.

”Jangan termakan bujuk rayu calo yang menjanjikan kemudahan untuk bekerja ke luar negeri tanpa surat-surat. Hal ini sangat berbahaya karena dapat merugikan diri sendiri dan keluarga. Apabila masyarakat mendengar mengenai peluang kerja ke luar negeri dan masih ragu akan keabsahan peluang tersebut, masyarakat bisa mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja setempat atau kantor UPT BP2MI Manado untuk mencari informasi sebanyak mungkin. Staff kami dengan senang hati akan melayani dan memberi informasi mengenai peluang kerja ke luar negeri yang aman dan prosedural,” ucap Makalal

iklan1
iklan1