Alm DR SHS di Mata DR Harley Mangindaan

Dr Harley Mangindaan saat bersama Alm. Dr SHS (Foto Istimewa)

MANADO, Suluttoday.com – Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diselimuti kabut duka dengan meninggalnya, Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS). Figur yang dikenal sebagai Gubernur Sulut 2 periode itu telah meninggalkan kita semua. Kenangan, kiprah dan kontribusi yang diberikannya tidak sedikit untuk warga Sulut.

Sosok politisi senior yang pernah menjadi Gubernur Maluku dan Maluku Utara itu di Dr. Harley Mangindaan adalah sebagai figur yang luar biasa. Harley Mangindaan, Wakil Wali Kota Manado periode 2010-2015 ini menyampaikan turut berbelasungkawa yang dalam. Dan merasa kehilangan tokoh negawaran hebat seperti SHS.

”Turut berduka, dan tentu kami sekeluarga merasa kehilangan atas kepergian Om Sinyo. Beliau sangat berjasa terhadap kemajuan Sulawesi Utara. Sosok yang menjadi teladan, sekaligus guru buat saya dan bahkan kita semua warga Sulawesi Utara. Almarhum (Alm) merupakan sosok pemimpin yang luar biasa, tapi selalu sederhana,” kata Harley Mangindaan, Sabtu (13/2/2021).

Harley menuturkan dirinya yang wajib selesaikan studi Strata 3 (Doktor) di Universitas Hasanuddin Makasar, memiliki keheranan dikala itu tentang Indonesia dalam posisi strategis di mata Dunia khususnya Asia. Begitu beruntung tentu, tambah Harley dirinya bersentuhan dan meminta bimbingan SHS.

”Dasar tersebut di angkat juga dari Gelar Magister Sains Marketing yang di dapati pada Universitas Indonesia. Daftar pustaka yang pertama di baca adalah “geopolitics, SHS” di gabungkan dengan pemahaman tentang Strategi Marketing pariwisata Kota Manado (2000), maka muncullah judul Geotourism,” ujar Harley.

Ketika itu Ai Mangindaan, sapaan akrab Harley bertemu khusus dengan Alm SHS untuk permisi akan melakukan Studi merinci apa yang sudah di ciptakan tersebut. Seperti dikisahkannya. Pada saat itu Alm Om sinyo, begitu sapaan akrab SHS bagi Ai Mangindaan, menyapa “Ai, kita bimbing pa ngana sampai klar, dan jangan sungkan sungkan diskusi, walau saya padat tamu tp ngana kita prioritas, maju terus nyong, jago ngana”.

”Foto tersebut adalah sejarah bahwa Alm Om Sinyo sangat perhatikan generasi penerus Sulut. Dan Ai pun menyerahkan materi disertasi kepada semua penguji, promotor dan juga promotor eksternal. Desertasi berjudul geotourism holistic: ‘Peningkatan daya saing kekayaan sumber daya warisan dan buatan dengan cara mengintegrasikan manajemen destinasi, pembangunan infrastruktur serta fasilitas pendukung dengan memperbaiki kondisi situasional secara holistik’. Dipresentasikan Ai Mangindaan,” tutur Bang Ai Mangindaan.

Untuk diketahui, lokus penelitiannya desertasi tersebut adalah di Kota Manado, Minahasa Utara dan Bitung, hasilnya, ODSK pun menjadikan konsep berpikir bangun Sulut berdasarkan fakta empiris Harley Mangindaan, 2014 lalu.

”Trimakasih om Sinyo yang telah mempertajam generasi bangsa. Tuhan memberkati dan menguatkan keluarga yang ditinggalkan,” kata Bang Ai menutup.

(*/Amas)

iklan1
iklan1