Angka Kasus Rabies di Manado Menurun

 

MANADO - Angka kasus rabies di Manado tahun ini mengalami penurunan signifikan. Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Manado mencatat, hingga bulan Oktober 2013 baru ditemukan dua kasus. Dibandingkan dengan tahun 2012 lalu, tercatat ada 12 orang meninggal akibat virus tersebut.

“Pemerintah kota Manado telah mengambil langkah-langkah untuk menekan kasus virus anjing rabies ini,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Manado, Phillips Sondakh.

Keseriusan Pemkot, lanjut Sondakh, diwujudkan dengan keaktifan melakukan sosialisasi hingga melakukan vaksinasi terhadap hewan perantara rabies (HPR), yaitu anjng, kucing dan kera, serta telah dilakukan pembentukan kelurahan percontohan bebas rabies yaitu kelurahan Paniki Satu kecamatan Mapanget.

“Selain itu Dinas pertanian juga memberikan bantuan untuk rantai pengikat hewan bila ada permintaan dari masyarakat,” tambahnya.

Walikota Manado Vicky Lumentut beberapa saat yang lalu mengatakan bahwa Pemkot akan menambah anggaran untuk vaksinasi rabies, yang direncanakan pada 2014 mendatang. (mk/rr)

 

Berita Terkait:

iklan1
iklan1
iklan1